Hijab Syari vs Hijab Gaul

Jumat, 23 Maret 2018
Perkembangan zaman semakin pesat, semuanya serba serbi modern. Mulai dari teknologi, transportasi hingga ke fashion yang mengalami perkembangan cukup pesat. Perkembangan ini pun selalu diikuti oleh setiap orang, karena secara tidak sadar siapapun akan menerapkan perkembangan ini. Fashion muslim pun tidak kalah, semakin hari ada-ada saja model busana muslim yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat muslim. Selain model yang semakin berkembang, perkembangan mode dalam penggunaannya pun semakin lama semakin tidak terkontrol lagi, salah satunya adalah penggunaan hijab.

Hijab adalah busana muslim terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali wajah, tangan dan juga kaki, yang biasanya dipakai oleh wanita muslim (muslimah). Penggunaan pakaian ini tentu saja terkait dengan tuntutan syariat yang diwajibkan kepada para perempuan muslim untuk menutup auratnya. Di Indonesia sendiri, trend busana ini pun semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak sekali kita jumpai beragam model jilbab sekarang ini dari yang panjangnya hingga lutut, sedada atau bahkan cuma sampai leher dengan beragam warna dan motif yang cukup menarik.

Biasanya pengguna dari jilbab yang cuma sampai leher ini banyak digunakan oleh remaja, mahasiswa bahkan ibu-ibu yang memang ingin tampil modis dan trendy, atau biasanya disebut dengan istilah hijab gaul. Padahal, penggunaan hijab sendiri langsung diperintahkan oleh Allah SWT, yang sejatinya untuk menutup aurat, yaitu penggunaan baju yang tidak ketat dan transparan yang sesuai dengan tuntunan syariat, seperti yang terdapat pada firman Allah SWT berikut ini.
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya : Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab : 59)


Pada ayat diatas sudah jelas bahwa Allah SWT menyerukan kepada kita wanita muslim agar mengulurkan jilbab hingga ke seluruh tubuh. Jilbab di sini maksudnya adalah baju kerudung yang tidak ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh seorang wanita untuk menutupi aurat. Tujuannya adalah agar para muslimah lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Namun kenyataannya, sekarang penggunaan jilbab banyak yang telah melanggar aturan, demi bisa tampil gaul menggunakan hijab.

Hijab gaul disini adalah penggunaan hijab yang sering dipakai kebanyakan muslimah saat ini. Entah karena mereka belum mengetahui aturan ini, atau mereka sudah tahu namun enggan melakukannya dengan alesan tampil modis. Hijab gaul adalah penggunaan hijab yang dililit (tidak menutup dada), dengan pakaian yang ketat dengan memperlihatkan bentuk tubuh, yang penting asal panjang hingga menutupi kaki. Sedangkan hijab syar’I adalah hijab yang sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Al-Qur’an dan juga hadist, tidak ketat.

Untuk itu, mulai sekarang mulailah menggunakan hijab sesuai dengan aturan yang telah Allah SWT berikan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan hijab syar’i.
  1. Gunakanlah jilbab yang panjang dan tebal (tidak tipis dan transparan), sesuai dengan ada di dalam Al-Quran dan Hadist.
  2. Gunakanlah baju gamis atau baju yang longgar, tidak membentuk lekukan tubuh. Hal ini juga telah dijelaskan di dalam Al-Quran dan Hadist.
  3. Hindari penggunaan hijab punuk unta. Hijab punuk unta ini adalah menampakkan rambutnya yang digelungkan saat berhijab, atau menggunakan ciput yang menyerupai gulungan rambut.
  4. Gunakanlah kaos kaki, karena kaki termasuk ke dalam aurat wanita.


Nah, sekarang sudah tahu bukan mengenai aturan penggunaan hijab dalam Islam? Untuk itu, mulai sekarang ayo segera benahi diri kita untuk bisa menjadi pribadi yang semakin baik lagi. Selain itu, jika kalian mencari fashion muslim yang syar’I, Muslimarket sebagai pasar halal terlengkap dan terbaik menyediakan berbagai macam kebutuhan muslim, salah satunya adalah hijab syar’i. Jadi, tunggu apalagi? Segera lengkapi koleksi busana syar’I kamu dengan beragam pilihan menarik di Muslimarket!

sumber  : https://www.muslimarket.com/blog/hijab-syari-vs-hijab-gaul-fenomena-hijab-masa-kini/
Description
: Hijab Syari vs Hijab Gaul
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Hijab Syari vs Hijab Gaul

0 komentar:

Posting Komentar test